WHAT'S NEW?

Sejarah Si Unyil





Orang Indonesia bagian mana yang tidak tahu dengan tokoh karakter ini
Kalo anda mengaku orang Indonesia,Pasti anda tau tokoh tersebut.
Tapi dibalik itu semua,apakah anda tahu asal usul boneka tersebut?
apakah anda tahu,siapa yang membuat dan sebagainya?
Oke bagi yang belom tahu,simak artikel dibawah ini.
Pak Le...begitulah orang orang memanggil pria yang bernama lengkap kurnain suhardiman.
Dialah orang yang membuat tokoh si unyil yang kita tahu sebagai tokoh Made In Indonesia,atau tokoh yang memang benar buatan asli Indonesia
Hobby Pak Le membuat film ...
Dari film "Kuntilanak", " Lampu Merah" sampai juga iklan obat memakai kartun.

Awal mula pak le bisa mendapat Inspirasi untuk membuat tokoh ini dari seorang sepupunya yang bernama Julianto.Julianto akrab dipanggil si Kunyil oleh pak le,Namun Pak Le lebih sering menyingkat nya menjadi si Unyil.

Sebelom ada Boneka Si Unyil,Memang tadinya cerita si Unyil adalah cerita turun temurun keluarga,yang dibuat sedemikian rupa. Tokoh Mei Lan itu sebenarnya karena ada familiy yang masih kecil mukanya lucu seperti Mei Lan .sekarang dia sudah jadi Dirut suatu perusahaan.

Bagaimana boneka si Unyil bisa terbentuk?
itu dikarenakan pada suatu hari pak le mengetahui bahwa sepupunya yang bernama Julianto sedang gemar membuat boneka sarung dari kain bekas dan dijahit.
Inilah yang membuat beliau terinspirasi untuk membuat boneka si unyil...dan akhirnya boneka si unyil pun terbentuk seperti yang kita tahu sampai sekarang ini.


Pak Le Kurnain Suhardiman memang sudah tiada, tetapi karyanya menjadi legenda di tanah air Indonesia. Siapa yang tidak kenal film boneka Si Unyil yang ditayangkan di TVRI tahun 1981 – 1993.

0 komentar: